Badan Tumbuh

IDF Youtube Channel

Manusia adalah makhluk sosial, yang berfungsi hanya jika berdampingan dan berelasi dengan manusia lain. Namun sebelum sampai ke tahap itu, proses pendewasaan dalam diri mesti dilalui.

Sekuraan

IDF Youtube Channel

Sekura berarti menutupi wajah dalam bahasa Lampung Saibatin. Identitas yang melekat pada seseorang membawa serta tuntutan perilaku mengikuti aturan sosial sesuai dengan gender, agama, usia, dan lainnya. Namun, bagaimana jika identitas tidak dilekatkan kepada manusia?

Taulang

IDF Youtube Channel

“Taulang” atau terulang adalah sebuah pembacaan terhadap tubuh yang mengalami kekerasan verbal sejak usia anak-anak, di ruang yang seharusnya paling aman –rumah. Jamak terjadi dalam relasi orang tua dan anak, namun jarang disadari.

A Daily Ritual of Dance

IDF Youtube Channel

Aku melakukan ritual harian untuk berjalan dan menari di lingkunganku, sebagai cara pemetaan lewat tubuh dan memori. Aku mencoba menemukan jejak tari di lingkungan sekitarku: apa tarian yang sudah ada di sekitar sini, siapa yang menari, di mana tarian itu terjadi, apa makna tarian itu, untuk mereka, di tempat ini…

Land Me

IDF Youtube Channel

“Land Me (Daratkan Aku)” terinspirasi dari cuplikan kisah tentang perempuan yang merasakan memori-memori tubuh lampau dan tumbuh menjadi tubuh yang belum ditemukan dalam rasa kehidupannya.

Tubuh Tani

IDF Youtube Channel

Peristiwa tubuh bertaut dalam imajinasi sebuah laku, proses kehidupan berlangsung setiap saat sehingga sejarah-sejarah terus merajalela dalam benak kehidupan. Bagaimana para tani kehilangan lahannya untuk bercocok tanam.

Selinat

IDF Youtube Channel

Masyarakat tradisional Suku Tidung di Kalimantan Utara mempercayai ritual pengobatan tradisional yang dikenal sebagai besitan. Ritual ini dilakukan untuk menyembuhkan kondisi selinat, yang merujuk pada keadaan di mana seseorang kehilangan kontrol atas dirinya.

Hero’s Path

IDF Youtube Channel

Ketika semesta menawarkan kepada sang pejuang jalur baru yang tak dikenal, baik itu ruang atau tempat, hal pertama yang ia rasakan adalah rasa takut, keraguan, ketidakpastian, dan kekhawatiran. “Yang tak dikenali” selalu menakutkan. Sang pejuang pun mangkir dari tanggung jawab, dari keadaan, dari kenyataan, dan dari rasa takutnya sendiri yang sejatinya khayal.

Revival

IDF Youtube Channel

Rayakan kenikmatanmu, rayakan semua yang kau punya, karena segalanya akan berakhir saat waktunya tiba. Cintamu, sejarahmu, hidupmu, apakah kau sudah benar-benar menikmatinya?

Go to Top