Loading Events

Sapa suru datang Jakarta
Sapa suru datang Jakarta
Sandiri suka, sandiri rasa
Eh doe sayang

Tidak seindah kuduga
Hidup akan merana
Tinggalkan kasur di desa
dapatkan gubuk di kota

Siang deng malam e mama
Jalan kasana kamari
Kawan saudara mama
samua tidak peduli

“Siapa Suru Datang Jakarta” – Kembar Grup

Jakarta telah menjadi pusat selama lebih dari 100 tahun. Daya tarik Jakarta tak habisnya menyedot talenta-talenta terbaik dari seluruh penjuru Indonesia. Namun, daya tarik yang menyilaukan ini juga berbanding lurus dengan kerasnya kehidupan Jakarta. Agar kehidupan warga Jakarta semakin berkualitas, dibutuhkan tidak saja mental yang tangguh, tapi juga tubuh yang kuat.

“Senam Kota Kita” adalah pertunjukan senam tari yang didesain khusus untuk warga ibukota di Indonesian Dance Festival 2022. Gymnastik Emporium ingin memberi tawaran untuk melihat senam bukan hanya sebagai suatu cabang olahraga jasmani, tapi juga sebagai bentuk olah rasa yang estetik. Karya senam tari ini dirancang agar penonton terlibat aktif dalam pertunjukan.

Karya ini berangkat dari ingatan-ingatan terhadap Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) yang diwajibkan bagi siswa sekolah dari tahun 1970an hingga 2000an. Ide ini lalu berkembang setelah bertemu dengan budaya senam massal yang menjadi tempat ibu-ibu bersosialisasi dan mengaktualisasikan dirinya. Temuan ini lalu dieksplorasi di Sanggar Seni Senam Maju, Cemeti Institut Seni dan Masyarakat pada bulan April-Mei 2022 lalu. Model presentasi senam massal itu kami adaptasi ke panggung pertunjukan. Tubuh, ingatan, dan kota menjadi tema penting pada proses penciptaan yang hendak memberi ruang seluasnya bagi ekspresi dan narasi personal tentang hubungan cinta dan benci pada Kota Jakarta. Selesai mengikuti “Senam Kota Kita”, diharapkan penonton tidak hanya segar hatinya tapi juga bugar tubuhnya untuk kembali “bertarung” di runyamnya kehidupan ibukota.

Performers: Abdi Karya, Ari Dwianto, Irfanuddien Ghozali, Kurnia Yaumil Fajar, Muhammad Abe, Vandy Rizaldy | Featuring: Fajar Riyanto as visual artist | Gymnastik Emporium will collaborate with practitioners and gymnastics activists in Jakarta to present their work at IDF 2022.

Pesan tiket
  • Gymnastik Emporium

    Kolektif seniman lintas-disiplin ini konsisten mengerjakan karya-karya yang membongkar batasan antara seni dan bidang-bidang lain. Karya-karya Gymnastik Emporium kerap bermain pada aspek pertunjukan yang ada pada bidang olahraga, seperti aspek ketubuhan dan aspek kepenontonan.

    Read more
Go to Top