Loading Events

Mella Jaarsma telah lama bekerja sebagai seniman yang menggunakan beragam medium untuk diolah dalam menerjemahkan gagasan tentang pakaian atau tradisi penutup tubuh, yang sebagian juga diperluas menjadi praktik-praktik performans. Aspek performativitas pada karya Mella menjadi tawaran temporer dari pembacaan yang panjang atas objek dan artefak, tetapi juga membentuknya dalam kenyataan ruang dan waktu yang baru. Dengan membenturkan artefak dan karya, objek dan performativitas, konseptual dan kesejarahan, Mella Jaarsma menghadapkan kita pada situasi yang di luar kelaziman atas tubuh dan apa yang menutupinya, dan menghadirkan pengalaman yang berada dalam ambang nyata dan imajiner.

Indonesian Dance Festival bekerja sama dengan ROH akan mengadakan program bincang seniman untuk mengupas lebih dalam aspek performativitas dalam praktik kesenian Mella Jaarsma.

Pembicara:
Mella Jaarsma

Moderator:
Yacobus Ari R

Pesan tiket
  • Mella Jaarsma

    Mella Jaarsma dikenal atas seni instalasi kostumnya yang kompleks, serta fokusnya pada bentuk keragaman budaya dan rasial yang terkandung dalam pakaian, tubuh, dan kuliner. Ia lahir di Belanda tahun 1960 dan belajar seni visual di Minerva Academy di Groningen (1978-1984), setelahnya ia pindah ke Indonesia dan menempuh studi di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) serta Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta (1985-1986). Tahun 1988, ia ikut mendirikan Cemeti Art House (bersama Nindityo Adipurnomo), ruang seni kontemporer pertama di Indonesia.

    Read more
Go to Top