Loading Events

Apa pentingnya bicara “rasa”? Kata “rasa” sering diasosiasikan dengan pengalaman indrawi, aspek emosi yang berlawanan dengan akal. Asosiasi ini sering membuat “rasa” dipahami hanya secara superfisial, bahkan sering menimbulkan kesalahpahaman.

Melalui perenungan dan penelitian, tim kurator IDF 2022 membaca kembali “rasa”, serta menelusuri jejak-jejak konsepnya dari beragam pengalaman budaya. Usaha ini dimaksudkan untuk menawarkan perspektif alternatif mengenai “rasa.” Percakapan ini membuka kesempatan bagi audiens festival untuk mengintip dapur kuratorial IDF, bersama empat narasumber yang terlibat dalam perumusan tema RASA: Beyond Bodies yang menjadi tajuk festival edisi 2022.

Sutradara teater asal India, Sankar Venkateswaran, akan membahas “rasa” dalam konteks budaya tanah airnya tersebut. Heru Joni Putra (penulis, kurator, dramaturg) akan memaparkan pembacaan tentang “rasa” dalam konteks budaya Minang. Ayu Utami (aktivis, jurnalis, sastrawan) akan menuturkan pemahamannya atas “rasa” berdasarkan teks tertulis dan tak tertulis di Nusantara, serta bagaimana “rasa” memungkinkan sikap spiritualitas kritis. Mewakili tuan rumah, Ratri Anindyajati (Direktur Festival) akan membagikan mengenai proses penerjemahan gagasan “RASA: Beyond Bodies” dalam rangkaian program festival.

Pembicara:
Ayu Utami
Heru Joni Putra
Shankar Venkateswaran
Ratri Anindyajati

Moderator:
Linda Mayasari

Tonton video acara ini
Go to Top