IDF Academy

Dalam iklim tari modern Indonesia, seorang seniman tari tumbuh dari perpaduan pendidikan formal dengan informal.

Meskipun sekolah dan kampus seni bidang tari semakin meningkat dari segi kualitas dan kuantitas, namun berbagai institusi informal seperti sanggar, komunitas, sasaran, padepokan, kursus, atau pelatihan singkat tari tetap menjadi sarana pembelajaran penting bagi banyak orang yang ingin serius mendalami dunia tari.

Selain itu, kehadiran berbagai instrumen lain seperti ruang pertunjukan, peristiwa tari, perlombaan, dsb. juga ikut mendorong iklim tersebut menjadi lebih sehat.

Sadar akan kondisi tersebut, Indonesian Dance Festival sedari mula telah dirancang dengan karakteristik empowering.

“Selalu ada program khusus dalam setiap penyelenggaraan IDF untuk para seniman tari muda belajar, mengembangkan ide, serta mementaskan karyanya.”

Pada tahun-tahun awal IDF, berbagai diskusi dan workshop dengan pemateri para koreografer mapan dari dalam dan luar negeri senantiasa menemani setiap penampilan karya.

Dalam periode 90an itu juga, sejumlah residensi terlaksana, mempertemukan seniman tari muda dari berbagai negara dalam sebuah proyek kolaboratif.

Pada bagian inilah proses tukar gagasan dan pengalaman antara seniman tari berlangsung.

 

Selayaknya rekayasa genetika dalam sains, berbagai format pemberdayaan terus diformulasikan dalam tahun-tahun penyelenggaraan IDF, demi mencari bentuk ideal di mana para seniman tari muda bisa berkembang dengan baik.

Terutama sejak 2004 sampai saat ini, pemberdayaan tersebut mulai terarah pada pelatihan yang sistematik dan intensif: para seniman tari muda yang dinilai potensial oleh para kurator akan memperoleh workshop mengenai berbagai elemen pertunjukan tari, selama waktu tertentu mereka akan dibimbing dalam proses penciptaan karya, yang kemudian tampil pada salah satu panggung IDF.

Dengan berbagai detail yang terus berkembang dan penamaan yang berbeda-beda: Emerging Choreographer, Showcase, Seed of Wonder, Akademi, dan Kampana, program pelatihan seniman tari muda semakin memperlihatkan wujudnya.