Nantikan program-program IDF2020.zip, segera hadir untuk Anda.

Menghadapi pandemi, praktik tari kontemporer di seluruh dunia mengalami kendala. Riset, latihan, dan pentas tidak lagi bisa berjalan sebagaimana biasanya.

Untuk merespons situasi tersebut, IDF 2020.zip menawarkan program yang lebih padat, dipilih berdasarkan pengalaman kepenarian kontemporer indonesia dan mancanegara dalam merefleksikan dan mendiskusikan peristiwa serta tantangan hari ini.

Melalui berbagai pertunjukan dan kegiatan yang intens selama seminggu, tersuguh secara daring namun dalam situasi yang akrab, para seniman tari kontemporer bergerak dan menggerakkan kita dengan manifestasi Daya yang kaya dan tidak biasa.

Daya dalam bahasa Indonesia adalah kata berlapis yang digunakan dalam banyak konteks: sama dengan energi dibagi waktu dalam fisika dasar; bermakna kekuatan jika dipadankan menjadi daya hidup, daya nalar, daya ingatan; berkarib dengan ikhtiar pada frasa daya-upaya; adakalanya juga adalah akal, siasat, dan muslihat.

Daya: Cari Cara, yang menjadi tema Indonesian Dance Festival ke 15, merupakan spirit, suatu dorongan primordial untuk bertahan hidup dengan cara bersiasat, bertransformasi, dan saling memberdayakan satu sama lain.

Dalam situasi pandemi, para pegiat tari kontemporer di seluruh dunia mesti berdaya untuk menimbang ulang hubungan antara individualitas dengan komunalitas, antara pola dengan terobosan, antar tubuh dan pikiran, antara imaji dan realitas, antara pertunjukan dengan khalayak.