26 September 2020

Workshop Eun Me Ahn,  1’59,
Clint Lutes

“Saya pikir, kita mempunyai banyak hal luar biasa, baik di sekitar maupun di dalam diri kita, dan itu sudah cukup. Kita bisa berupaya dan mencoba membuat hal-hal yang menarik. Namun ketahuilah bahwa dirimu itu menarik, ruang-ruang kita yang berbeda itu menarik, dan kamu cukup dengan menjadi dirimu saja. Tidak perlu berubah dan menjadi orang lain.” – Clint Lutes dalam workshop-nya, Me. My House. My Dance.

Memasuki pertemuan ketiga rangkaian workshop untuk karya 1’59 oleh Eun Me Ahn, kali ini giliran koreografer Clint Lutes yang mengajak para partisipan bermain-main, mengenal satu sama lain lebih dekat lewat gerakan, sampai mengeksplorasi rumah dan ruang mereka berada. Mereka juga diminta menggerakan tubuh sesuai nama mereka masing-masing dengan menggunakan imajinasi. Arahan itu diikuti peserta yang tak kalah antusiasnya mengeksplorasi kemampuan mereka masing-masing.

Clint Lutes, koreografer Amerika yang bermukim di Perancis tampak mengajak para peserta untuk tetap bersemangat dengan komentar-komentarnya yang lucu, baik lewat celetukan maupun tulisannya di chat room zoom sore itu. Celetukannya disambut dengan komentar dari Siko Setyanto, koreografer asal Solo, Jawa Tengah yang juga tak kalah kocak sehingga membuat para peserta menjadi semakin ‘heboh’ menggoyangkan anggota tubuhnya sesuai dengan arahan.