“Indonesian Dance Festival” 2014 Hadir 5 Hari di Jakarta

Tarian karya koreografer Achi asal Jakarta akan ditampilkan dalam Indonesian Dance Festival (IDF) 2014 di Jakarta, 4-8 November 2014. (BeritaSatu.com/Herman)

Jakarta – Memasuki usia ke-22 tahun serta penyelenggaraan yang ke-12 kali, Indonesian Dance Festival (IDF) kembali hadir di Jakarta pada 4-8 November 2014.

Event yang mengusung tema EXPAND yaitu memperluas bidang penjelajahan baik secara estetika maupun wacana ini akan digelar di kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), GoetheHaus dan Komunitas Salihara.

Executive Director IDF 2014, Maria Darmaningsih menjelaskan, tahun ini IDF akan dibuka oleh sebuah produksi baru atas tafsir ulang Roro Mendut, hasil kolaborasi koreografer Retno Maruti dan perupa Nindityo Adipurnomo. kemudian ditutup Kris Is, kolaborasi koreografer Arco Renz dari kelompok tari Kobalt Works (Brussel), Melanie Lane, Ali Sukri (koreografer/dosen tari) dengan enam penari muda mahasiswa/lulusan ISI Padangpanjang. Dari sisi produksi Kris Is, IDF bekerja sama dengan Kobalt Works dan Komunitas Salihara dalam konteks ko-produksi.

“IDF 2014 menghadirkan sekitar 100 penari yang akan menampilkan tarian dari 15 koreografer Indonesia dan mancanegara. IDF juga memiliki ruang showcase untuk memberi kesempatan pada koreografer muda menunjukkan karya tarinya yang memiliki karakteristik yang spesifik,” ungkap Maria Darmaningsih di kampus IKJ, Jakarta, Selasa (21/10).

Ia melanjutkan, event ini juga menghadirkan “Master Classess” yang memberi kesempatan kepada para koreografer, pencinta tari, dan mahasiswa serta masyarakat umum untuk belajar teknik tari tertentu dari para penari dan koreografer tingkat dunia, baik lokal maupun mancanegara.

Kemudian ada forum diskusi “Bicara Tari” yang dibuat sebagai wahana bagi para praktisi tari – koreografer, penari, produser maupun presenter untuk saling berbagi pengalaman, mempertajam ide dan melakukan refleksi serta mengajukan tinjauan kritikal atas perjalanan kreatif dan karya-karya mereka. “Program diskusi juga sebagai wahana dialog antara para pelaku tari dengan penonton atau pengapresiasi karyanya,” lanjut dia.

Sementara bintang pertunjukan IDF 2014 antara lain Retno Maruti (Indonesia), Eko Suprianto (Indonesia), Arco Rentz (Belgia), Jeromel Bel (Perancis), Tao Dance Theater (Tiongkok), serta koreografer mancanegara lainnya dari Singapuran, Jerman dan Jepang.

Herman/WBP

Sumber: http://www.beritasatu.com/hiburan/219179-indonesian-dance-festival-2014-hadir-5-hari-di-jakarta.html

0 komentar

Sila Berkomentar

Ingin bergabung dalam diskusi?
Jangan ragu untuk berkontribusi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.