Loading Event

« All Events

Maravatío – Mariana Arteaga Vázquez (Meksiko) berkolaborasi dengan Yoga Gembira (Indonesia)

November 18 / 10:00 am - 1:00 pm

Sebuah naskah koreografis kolektif bagi perjumpaan, kepedulian dan permainan, Maravatío muncul dari pertanyaan yang timbul dari dampak gempa bumi pada 19 September 2017 yang meninggalkan kesan khas pada setiap penduduk Kota Meksiko: Apakah kehendak perjumpaan kolektif dan kepedulian hanya terjadi dalam peristiwa-peristiwa darurat? Dapatkah kita menciptakan keadaan agar kita mendapatkan pertemuan publik dan kepedulian secara kolektif?

Itulah kisah kelahiran Maravatío.

Naskah koreografis Maravatío menggabungkan dinamika kepedulian kolektif, latihan untuk mempersiapkan tubuh untuk ruang publik, tindakan koreografis dan permainan. Terutama, proses kolektif ini adalah panggilan untuk mempertimbangkan kembali kebijakan kasih sayang kita; Sebuah latihan di antara kita sendiri, para penduduk, untuk berjumpa sebagai warga atas dasar kebaikan dan kegembiraan.

Maravatío berasal dari dialek purepecha dan berarti “tempat indah.” Katanya, lokasinya berada di negara bagian Michoacan, Meksiko; tetapi, sebenarnya…. Ia bisa berada di mana saja.

Maravatío dikomisikan oleh diplomat Como encender un Fosforo, untuk Festival Como encender un Fosforo.

Proyek ini didukung the Fondo Nacional para la Cultura y las Artes.

Bio

Mariana Arteaga Vázquez adalah seorang seniman dan kurator dalam bidang Live Arts. Pada 2010, ia mulai proses refleksi terhadap koreografi kolektif di ruang publik dan dampak politik yang dihasilkannya. Pada 2015, ia diundang oleh Museo Universitario del Chopo untuk mengembangkan Úumbal: nomadic choreography for inhabitants yang kemudian terpilih oleh majalah bergengsi Meksiko, La Tempestad, sebagai karya terbaik seni performans pada 2015. Pada 2018, ia menciptakan Maravatío a choreographic score for the encounter, care and plays collectively. Sekarang ini, ia terus bekerja sendiri sebagai direktur artistik, kurator, koreografer dan penampil di panggung nasional dan internasional.

Yoga Gembira dimulai sejak 2009 dan diinisiasi oleh Yudhi Widyantoro dan beberapa aktivis serta pecinta yoga lainnya dengan mengorganisir sesi yoga di taman kota. Harapan kami adalah agar yoga dapat diakses oleh masyarakat dari pelbagai latar belakang, sehingga masyarakat dapat mengetahui dan mempraktekan yoga. Selanjutnya, masyarakat bisa jadi lebih mawas pada cara hidup sehat. Gerakan yoga di taman kota ini juga merupakan semacam pernyataan kami sebagai tanggapan atas isu yang menyatakan bahwa beryoga itu ‘haram’. Beryoga, bergembira, berilmu, dan beramal adalah moto dari Yoga Gembira. Yoga yang dipraktikan dengan rasa gembira akan menyebarkan kebahagiaan untuk banyak orang. Menambah pengetahuan kami dengan membaca tentang yoga dan mendiskusikannya dan setelahnya beramal sehingga hal tersebut bisa mendatangkan kebaikan untuk orang lain. Yoga Gembira tidak hanya berfokus pada beryoga tetapi kami juga mendekati disiplin-disiplin lain, berkolaborasi dengan banyak komunitas seni dan budaya dengan satu tujuan yakni pengembangan diri.

Detil

Tanggal:
November 18
Waktu
10:00 am - 1:00 pm
Event Categories:
, ,

Venue

Taman Suropati
Jl. Taman Suropati, RT.5/RW.5, Menteng
Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
+ Google Map

Detil

Tanggal:
November 18
Waktu
10:00 am - 1:00 pm
Event Categories:
, ,

Venue

Taman Suropati
Jl. Taman Suropati, RT.5/RW.5, Menteng
Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
+ Google Map